Hal-Hal Ini Yang Dilakukan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Ketika Bangun Tidur

Rasulullah adalah seorang yang menjadi panutan bagi umat muslim atau bahkan bagi setiap orang, bukankah meneladani seseorang yang berperilaku baik itu baik. Berikut adalah hal-hal yang perlu diteladani dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau bangun dari tidurnya.

1.Membaca zikir bangun tidur. Dalam Shahih Bukhari, dari hadis Hudzaifah  radhiyallahu ‘anhu ia menuturkan,  “Jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  hendak tidur, beliau mengucapkan, “Bismika Allahumma amuutu wa ahyaa” (Dengan menyebut nama-Mu aku mati dan aku hidup) dan jika beliau bangun tidur beliau membaca,“Alhamdulillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kita setelah mematikan kita dan kepada-Nya kita kumpulkan).


2.Mengusap kedua matanya. 

3.Menatap langit. 

4. Membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali Imran  
Tiga sunnah ini terdapat dalam hadis Ibnu Abbas radhiyallahu‘anhuma dalam shahih Bukhari dan Muslim, “Ia menginap pada suatu malam di rumah Maimunah, istri Nabi dan ia adalah bibinya. Aku berbaring di sisi bantal, sementara Rasulullah dan istrinya berbaring di sepanjangnya. Rasulullah tidur. Hingga pada waktu pertengahan malam, atau sedikit sebelumnya, atau sedikit setelahnya, Rasulullah bangun, duduk dan mengusap kedua matanya dengan tangannya. Lalu beliau  membaca ayat-ayat penutup surat Ali Imran, lalu bangkit  dan mengambil kantong air yang tergantung, lalu berwudhu menggunakan air tersebut dan memperbagus wudhunya, lalu berdiri dan shalat.” (HR Bukhari: 183, Muslim: 763). 

5.Mencuci kedua tangan tiga kali. Ini sesuai hadis Abu Hurairah  radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa  sallam bersabda, “Jika salah seorang diantara kalian bangun dari tidurnya, hendaknya ia tidak memasukkan tangannya ke dalam bejana hingga ia membasuhnya tiga kali terlebih dahulu, karena ia tidak mengetahui di mana posisi tangannya ketika tidur.”( HR Bukhari: 162, Muslim: 278)

6.Menggosok gigi dengan siwak. Dari Hudzaifah radhiyallahu  ‘anhu, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika  beliau bangun pada malam hari, beliau menggosok giginya dengan siwak.”  
Itulah beberapa kebiasaan yang dilakukan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ketika bangun tidur, semoga kita semua bisa meneladani beliau dalam segala aspek kehidupannya.

Sumber : Sunnah-Sunnah Sehari-Hari (shallallahu ‘alaihi wa sallam) Oleh Abdullah Hamud al Furaih