Keutamaan Shalat Tarawih yang Harus Diketahui

Shalat tarawih adalah satu diantara shalat yang di lakukan ketika bln. ramadhan tiba, shalat ini sendiri diberi nama tarawih lantaran memiliki makna sebagai istirahat di mana shalat ini dikerjakan sesudah umat muslim usai menjalankan shalat wajib. 

Selain itu juga, prasyarat shalat tarawih ini tak di sarankan untuk tidur terlebih dulu, dengan hal tersebut shalat tarawih ini berbanding terbalik dengan shalat tahajud yang mengharuskan tidur lebih dahulu. Shalat ini hukumnya sunnah atau disarankan untuk umat muslim di semua dunia, bahkan juga berdasar sebagian ulama besar ada yang berasumsi kalau shalat tarawih ini hukumnya sunnah muakad atau begitu di sarankan untuk umat islam. 

Taukah anda? sebagian besar dari beberapa ulama malikiyah, mereka memiliki pendapat kalau shalat seperti tarawih ini semakin lebih afdol lagi bila di lakukan dengan cara berjamaah dengan yang lain. 

Kenapa demikian? lantaran dengan shalat tarawih berjamaah jadi dengan cara automatis pahala yang kita peroleh juga makin berlipat-lipat, oleh karenanya untuk anda yang memiliki keluarga jadi tidak ada kelirunya untuk berjamaah di mushola atau masjid. Tak hanya memperoleh pahala, terdapat banyak keutamaan dari shalat tarawih yang satu ini, nah bila anda penasaran jadi dapat membaca tulisan yang ada di bagian bawah ini. 

Keutamaan Shalat Tarawih yang Harus Diketahui

Apa Saja Sih Keutamaan Shalat Tarawih Itu? 
1. Bila shalat berjamaah, jadi dikira seperti shalat semalam penuh 
Satu diantara keutamaan dari shalat tarawih ini yaitu bila kita shalat berbarengan imam jadi dikira seperti shalat semalaman penuh. Menurut satu diantara sabda nabi besar Muhammad, beliau pernah bersabda kalau siapa saja yang shalat berbarengan imam s/d usai, jadi bakal di catat untuk dia pahala qiyam satu malam penuh. 

Dari sabda nabi ini bisa kita tarik rangkuman kalau nabi menyarankan kita untuk pilih shalat berjamaah atau berbarengan – sama hingga pahala yang diterima makin banyak. 

2. Dapat di ampuni dosa nya 
Dengan melakukan shalat tarawih ini secara teratur serta benar, jadi sebagai hadiahnya Allah bakal mengampuni dosa – dosa kita yang sampai kini telah di perbuat. Type dosa yang dapat di ampuni Allah juga ada dua type, yakni dosa besar serta dosa kecil, dengan hal tersebut jadi dengan menggerakkan shalat tarawih berdasar pada ini dapat membawa barokah yang demikian besar dalam kehidupan kita. Umpamanya Allah bakal mengampuni dosa yang telah kita kerjakan sampai kini, oleh karenanya bila bln. suci telah tiba marilah kita berbarengan –sama menggerakkan shalat tarawih di mushola atau masjid. 

3. Shalat tarawih adalah seutama-utamanya shalat.
Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) mengatakan bahwa seutama-utamanya shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Karena shalat seperti ini hampir serupa dengan shalat fardhu. Kemudian shalat yang lebih utama lagi adalah shalat rawatib (shalat yang mengiringi shalat fardhu, sebelum atau sesudahnya). Shalat yang paling ditekankan dilakukan secara berjama’ah adalah shalat kusuf (shalat gerhana) kemudian shalat tarawih

Sekianlah tadi sebagian info singkat mengenai shalat tarawih mudah-mudahan dapat memberi pengetahuan anda di bagian shalat tarawih yang cuma di lakukan setahun sekali ini.