Kebahagian inilah yang Didapat Ketika Berpuasa

Kebahagian inilah yang Didapat Ketika Berpuasa. Kebahagiaan merupakan tujuan hidup manusia. Oleh sebab itu segala macam cara dilakukan oleh seseorang untuk meraih kebahagiaan. Islam yakni agama yang hadir dengan tujuan untuk menciptakan kebahagiaan insan di dunia dan akhirat.  Berikut yakni penjelasan mengenai kebahagiaan ketika Berpuasa.

Kebahagian inilah yang Didapat Ketika Berpuasa


Dalam hadits di atas disebutkan
“Bagi orang yang berpuasa akan menerima dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika beliau berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.

Kebahagiaan ketika berbuka puasa

Ketika berbuka , jiwa begitu ingin mendapat hiburan dari hal-hal yang beliau rasakan tidak menyenangkan ketika berpuasa , yaitu jiwa sangat bahagia dikala berjumpa makanan , minuman dan dihalalkannya kembali menggauli istri. Jika seseorang dilarang dari banyak sekali macam syahwat ketika berpuasa , beliau akan merasa senang bila hal tersebut dihalalkan kembali.

Kebahagiaan ketika berbuka yakni sebab ia merasa senang atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan kepadanya , yaitu mampu melakukan puasa yang merupakan salah satu bentuk amal shalih yang paling utama. Betapa banyak insan yang tidak memperoleh nikmat tersebut sehingga mereka tidak berpuasa. Ia juga merasa senang atas makanan , minuman dan jima’ yang kembali dihalalkan Tuhan baginya , setelah sebelumnya diharamkan pada dikala berpuasa.

Kebahagiaan ketika Berjumpa Dengan Rabbnya

Dia akan jumpai pahala amalan puasa yang beliau lakukan tersimpan di sisi Allah. Itulah ganjaran besar yang sangat dibutuhkan. Adapun kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-nya yakni ia senang dengan ibadah puasanya ketika ia mendapat akhirnya di sisi Tuhan secara utuh pada dikala ia jauh membutuhkannya , ketika dikatakan , “Di mana orang-orang yang berpuasa?” Mereka pun dipersilahkan masuk ke pintu surga dari pintu ar-Rayyan yang tidak akan dimasuki oleh seorang pun selain mereka.”

Tuhan SWT berfirman
“Dan kebaikan apa saja yang kau perbuat untuk dirimu niscaya kau memperoleh (balasan) nya di sisi Tuhan sebagai jawaban yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.” (QS. Al Muzammil: 20)
Sumber
muslimah.or.id