Keistimewaan Kisah Nabi Yusuf A.S

Keistimewaan Kisah Nabi Yusuf A.S. Nabi Yusuf ialah putra ke tujuh daripada dua belas putra-puteri Nabi Ya'qub. Ia dengan adiknya yang berjulukan Benyamin ialah beribukan Rahil , saudara sepupu Nabi Ya'qub. Ia dikurniakan Yang Mahakuasa dengan rupa yang bagus , paras ganteng dan badan yang tegap yang menjadikan idaman setiap wanita. Ia ialah anak yang dimanjakan oleh ayahnya , lebih disayang dan dicintai dibandingkan dengan saudara- saudaranya yang lain , setelah ibu kandungnya wafat ketika ia berusia duabelas tahun. 

Perlakuan dari Nabi Ya'qub terhadap anak-anaknya telah mengakibatkan rasa iri-hati dan dengki di antara saudara-saudara Yusuf yang lain , yang mencicipi bahwa mereka dianak-tirikan oleh ayahnya yang tidak adil sesama anak , memanjakan Yusuf lebih daripada yang lain.

perasaan jengkel mereka terhadap ayahnya dan iri-hati terhadap Yusuf membangkitkan rasa setia kawan antara saudara-saudara Yusuf. Kisah Nabi Yusuf terdapat dalam satu surah penuh yang juga berjulukan surah Yusuf. Disebutkan bahwa alasannya ialah turunnya surah Yusuf ialah karena orang-orang Yahudi meminta kepada Rasulullah saw untuk menceritakan kepada mereka kisah Nabi Yusuf. Kisah Nabi Yusuf telah mengalami perubahan pada sebagiannya dan terdapat penambahan pada sebagiannya. Lalu Yang Mahakuasa s.w.t menurunkan satu surah penuh yang secara jelas menceritakan kisah Nabi Yusuf.

Allah s.w.t berfirman:
"Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur'an  ini  kepadamu ,  dan  sesungguhnya  kamu  sebelum  (kami mewahyukan)nya ialah termasuk orang-orang yang belum mengetahuinya. " (QS. Yusuf: 3).

Nabi Yusuf menerima banyak sekali ujian dalam hidupnya. Beliau menghadapi persekongkolan jahat yang justru datang dari orang-orang yang erat dengannya ,  yaitu  saudara-saudaranya.  Mereka  merencanakan  untuk membunuhnya. Rencana itu mereka buat ketika Yusuf masih kecil. Kemudian Yusuf dijual di pasar budak di Mesir lalu ia dibeli dengan harga yang sangat murah. Kemudian ia menghadapi rayuan dari isteri seorang lelaki yang memiliki jabatan penting. Ketika ia menolak rayuannya , ia pun dimasukan ke dalam penjara. Dalam beberapa waktu , ia menjadi tahanan di penjara. Meskipun menerima banyak sekali kehinaan ini , pada hasilnya ia bisa menduduki tampuk kepemimpinan di Mesir. Beliau menjadi menteri dari raja yang pertama. Ia memulai dakwahnya di jalan Yang Mahakuasa s.w.t dari atas panggung kekuasaan. Ia melakukan rencana Yang Mahakuasa s.w.t dan menunaikan perintah-Nya. Demikianlah kandungan dari kisahnya.

Pelajaran Dari Keistimewaan Kisah Nabi Yusuf. A.S

Para ulama berbeda pendapat dalam hal mengapa kisah ini disebut dengan kisah yang terbaik? Ada yang mengatakan bahwa kisah ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan kisah-kisah Al-Qur'an yang lain dilihat dari sisi kandungannya yang memuat banyak sekali ungkapan dan hikmah. Ada yang mengatakan karena Nabi Yusuf mengampuni saudara- saudaranya dan bersikap tabah atas tindakan mereka. Ada yang mengatakan lagi bahwa karena di dalamnya terdapat kisah para nabi dan orang-orang soleh , terdapat juga pelajaran ihwal kehormatan diri dan adanya godaan , kehidupan para raja , lelaki dan wanita , budi anyir kaum wanita , di dalamnya juga disebut ihwal aspek tauhid dan fiqih , pengungkapan mimpi dan penakwilannya. Di samping itu , ia ialah surah yang penuh dengan peristiwa-peristiwa dan petualangan emosi (perasaan atau cinta). Ada yang mengatakan bahwa ia disebut sebagai kisah yang terbaik karena semua orang-orang yang disebut di dalamnya pada hasilnya menerima kebahagiaan. Alhasil , kita percaya bahwa terdapat alasannya ialah penting di balik keistimewaan kisah ini. Kisah dalam surah tersebut bermuara dari awal hingga selesai pada satu bentuk di mana Anda akan mencicipi adanya kekuasaan Yang Mahakuasa s.w.t dan terlaksananya perintah-Nya meskipun banyak insan berusaha menentangnya:

Kisah tersebut seakan-akan menggambarkan suatu kepingan filem yang sangat bagus , episod demi episod. Di samping itu , Anda akan dihadapkan pada satu bab dari bagian-bagian peristiwa yang membuat Anda tercengang dan cukup mengganggu daya imaginasi Anda. Itu ialah kisah seni yang sangat mengesankan yang tidak bisa diungkapkan oleh seniman mana pun dari kalangan manusia. Pada mulanya kisah itu mengungkap mimpi dan pada hasilnya menakwilkan mimpi ini. Mimpi para nabi pasti selalu berisi kebenaran , di mana Yang Mahakuasa s.w.t menyingkapkan di dalamnya banyak sekali peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada awal kisah , kita tidak mengetahui bahwa Yusuf ialah seorang Nabi. Begitu juga konteks Al-Qur'an terkesan menyembunyikan nama ayahnya , yaitu Nabi Yakub sebagaimana disampaikan oleh Nabi saw. Kaprikornus , kita berhak untuk merenungkan mimpi tersebut dengan penuh keheranan. pertama-tama menampilkan pemandangan mimpi. Perhatikanlah filem yang dimulai dengan mimpi. Mimpi identik dengan tidur , dan permulaan kisah apa pun yang dimulai dengan tidur tidak terlepas dari rasa ngantuk. Tetapi yang perlu diperhatikan ialah faktor-faktor daya tarik dongeng itu sendiri.

Bersambung Kisah Nabi Yusuf Yang Menceritakan Mimpinya Kepada Ayahnya

Sumber 
www.bestweh.org